PRAKTEK LAUT BERSAMA TINGKATKAN KETRAMPILAN NELAYAN DAGHO

PRAKTEK LAUT BERSAMA TINGKATKAN KETRAMPILAN NELAYAN DAGHO

Sesuai kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan tentang pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan yang berada di Pulau-pulau terluar, kini Politeknik KP Bitung melaksanakan praktek laut/uji coba alat tangkap rawai dasar sebagai alat tangkap yang ramah lingkungan di perairan Dagho Kabupaten Keplauan Sangihe, dengan menggunakan armada kapal latih KM. Coelacanth membawa 16 taruna teknik penangkapan ikan 8 orang dan mekanisasi perikanan 8 orang yang dinahkodai oleh Frangky Darondo dan membawa 8 orang ABK sejak tanggal 11 November -4 Desember 2015 kapal bertolak menuju pelabuhan Dagho.

Tujuan dilaksanakan praktek laut ini untuk melatih taruna agar lebih terampil dalam pengoperasian alat tangkap rawai dasar bagi taruna teknik penangkapan ikan serta perawatan mesin kapal bagi taruna mekanisasi perikanan selain itu juga melatih ketrampilan para nelayan dalam pengoperasian alat tangkap rawai dasar. Dalam kegiatan pengoperasian alat tangkap rawai dasar melibatkan para nelayan desa dagho untuk mempraktekkan alat tangkap tersebut setelah mendapat pelatihan oleh Dosen/Intruktur dari Politeknik KP Bitung beberapa waktu lalu tentang pembuatan dan pengoperasian alat tangkap rawai dasar.

Menurut nahkoda KM. Coelacanth Frangky Darondo, alat tangkap ini dioperasikan oleh 3 orang dengan menggunakan perahu pelang/perahu sema-sema, penurunan alat hingga penarikan membutuhkan waktu 4-5 jam, akunya.

Potensi sumber daya ikan di perairan Dagho relatif bagus untuk dikelola dan dikembangkan dengan baik guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Melalui kegiatan pelatihan pembuatan hingga praktek mengoperasikan alat tangkap rawai dasar semoga dapat memberikan keterampilan dan peningkatan kesejahteraan para nelayan desa Dagho.  Keseriusan para nelayan saat mengikuti pelatihan ditunjukkan dengan sikap semangat dalam pembuatan alat tangkap, 1 alat tangkap dibuat oleh 2 orang, hingga dalam pengaplikasian operasi penangkapan alat tangkap rawai dasar yang dipandu oleh Instruktur dan para anak buah kapal (ABK) KM. Coelacanth.

Bagikan :

Komentar

Tidak ada komentar!

Leave a comment

CAPTCHA Image
Reload Image